Komoditas Ekspor Terbaik yang Indonesia Miliki

Umumnya kegiatan ekspor yang sering kalian lihat selalu melibatkan perusahaan besar saja bukan ? buktinya perusahaan kecil juga bisa kok untuk melakukan ekspor tersebut, hanya saja harus mampu melihat pasaran komoditas mana yang tepat untuk diekspor ke negara lainnya. Indonesia sudah menjadi bagian negara yang begitu kaya sekali mengenai sumber daya alam. Sehingga, mampu menjadikan Tanah Air sebagai peran utama dalam melakukan ekspor komoditas yang penting bagi dunia. Nilai ekspor di Indonesia sendiri sudah mengalami peningkatan di setiap tahunnya. Sudah langsung dilansir dari sebuah situs yakni centrausaha.com, bahwa menteri perdagangan yang dulu sudah mengatakan bahwa akan ada perbaikan terkait dari Kinerja Ekspor yang Indonesia miliki pada pertengahan tahun 2017 silam. Dan pada bulan Juli tahun 2017, data ekspor tercatat sudah naik sebanyak 16,% dibanding dari ekspor pada bulan sebelumnya. Nilai ekspor ini bisa menjadi 13,6 Miliar Dolar Amerika Serikat. 

Dari beberapa negara yang sudah menjadi sasaran Ekspor Paling besar di Indonesia adalah untuk hasil dari produksi memiliki kecenderungan untuk dapat meningkat di setiap tahunnya. Negara dengan komoditas Ekspor paling tinggi sudah disandang langsung oleh negara Amerika Serikat dalam jumlah sekitar 15,2 Juta Dolar Amerika Serikat di tahun 2016, dengan besaran dari trennya adalah 1,74% yang terhitung dari tahun 2012 sampai 2016 silam. 

Komoditas Produk Makanan 

Kategori dari produk makanan banyak sekali diekspor oleh negara Indonesia ke negara lainnya di berbagai negara yang ada. Sebagai salah satu contohnya adalah Indonesia banyak sekali mengekspor langsung Udang yang dilakukannya ke negara Amerika Serikat dalam bentuk Frozen. Permintaan udang yang beku atau bentuk Frozen ini menjadi komoditas tertinggi yang selalu diminta oleh negara Amerika Serikat pada mpo slot online terbaru tiap tahunnya yang selalu saja mengalami peningkatan yang drastis sekali. Salah satu contoh yang kami jadikan patokan sudah sukses adalah merek dari Fresh on Time Seafood. Sedangkan ke negara Tiongkok, Indonesia jauh lebih sering mengekspornya Margarin Frozen. 

Salah satu brand yang sudah mampu menembus pasar Internasional adalah Blueband, dimana selalu sering kita jadikan bahan lelucon terkadang dan selalu kita gunakan dalam kebutuhan sehari-hari untuk bahan pangan. Untuk saat ini negara Indonesia sendiri sudah mendominasi langsung pasar Minyak Sawit di kancah Global dengan angka produksi mencapai 31 Juta ton/tahunnya. Indonesia juga sudah sempat memiliki rencana untuk mengandalkan adanya produksi sawit sampai dengan tahun 2030 mendatang lho. Kenyataannya memang minyak dari Kelapa Sawit ini menjadi industri makanan yang kebanyakannya akan diekspor ke banyak negara salah satu contohnya Belanda dan Nigeria. 

Komoditas Ekspor Kayu 

Selanjutnya komoditas yang sering sekali diekspor dari Indonesia adalah kayu Tropis yang sudah masuk ke dalam list terbesar di dunia sebagai, komoditas terlaris di dunia. Nilai dari ekspor Komoditas Kayu sendiri sudah mencapai US$ 5 Miliar di setiap tahunnya. Komoditas ini menjadi kunci utama untuk kategori satu di antara lain : Bubur Kayu – lalu Kayu Lapis – Kertas – Veneer – adapun dari Mebel – Proses pada Pembentukannya sampai pada Penyumbangan Kayu itu sendiri. Salah satu produk kayu yang sering melakukan ekspor adalah PT. Kayu Lapis Indonesia ke negara Jepang dan Tiongkok. 

Komoditas dari Produk Tekstil 

Untuk Industri Tekstil, negara Amerika Serikat sudah menjadi pasar besar bagi negara Indonesia. Terdapat banyak sekali pakaian yang mana siap pakai, lalu terdapat pakaian rajut, kaos kaki juga rajutan, dan perlengkapan baju lainnya. Mengenai kategori pakaian jadi, brand yang umumnya diekspor langsung oleh Indonesia ke negara Malaysia – Singapura dan Negara Asia Tenggara lainnya pada The Executive. 

Komoditas untuk Bahan Kulit 

Untuk mengenai kategori produk ini contoh mudahnya adalah Sepatu dan alas kaki kulit lainnya yang banyak sekali dikirim ke negara Asia seperti halnya Tiongkok dan Vietnam. Dari permintaan tertinggi Kulit ini antara lain pada Kulit untuk disamak, kulit pada alas kaki dan juga adanya sepatu olahraga yang tinggi peminat disana. Mengenai sepatu olahraga yang akan dikirim ke negara Tiongkok selalu mengalami kenaikan yang cukup signifikan sekali dari tahun 2015 lalu yang mencapai di angka 66.981.6 US Dollar dan sudah mencapai di angka 109.034.2 USD pada tahun 2016 silam. 

Tak hanya Tiongkok saja, Indonesia juga sudah banyak mengirim barang yang terbuat dari kulit asli ini dan kulit sintetis ke negara Malaysia, negara Australia, sampai negara Hawaii. Disini salah satu merek yang memang biasanya mudah untuk diekspor antara lain adalah Edward Forrer yang merupakan perusahaan alas kaki serta tas yang berasal dari Indonesia. 

Komoditas pada Barang-Barang Elektronik 

Jangan salah, Industri yang satu ini juga melimpah sekali dalam urusan Ekspor ! produk yang umumnya dikirimkan berupa Semikonduktor dan juga Komponen Elektronik lainnya seperti Aluminium Electrolytic dan juga Tantalum. Ada pun berupa pada perlengkapan Komputer seperti halnya Optical Character Readers sampai dengan Document / Image Scanners. Contoh yang sering banget melakukan ekspor datang dari Merk Maspion. Untuk Maspion ini sendiri sudah melakukan ekspor barang-barang elektronik atas kebutuhan rumah tangga seperti halnya Blender, alat setrika, sampai dengan Kipas Angin. Selain itu, ada juga merek Polytron yang sudah ternama di Indonesia. Untuk merk ini pasti mengirimkan Radio dan juga Model Televisi. 

Komoditas Produk Getah Karet 

Getah Karet alami yang Indonesia produksi setiap tahun bisa mencapai di angka 3,2 Juta ton yang mana menjadi angka untuk mampu mengantarkan Indonesia menjadi eksportir karet yang mana paling besar kedua di Kancah Global setelah negara Gajah Putih atau Thailand. Hasil dari Produksi Karet Getah made Indonesia ini memang langsung menembus pasar dunia bahkan negara Amerika Serikat juga lho termasuk pada ekspor Ban Luar dan Ban Dalam. Salah satu brand ban yang berasal dari Indonesia serta  sering melakukan ekspor adalah GT Radial yang mana diproduksi langsung oleh Perseroan Terbatas Gajah Tunggal yang mana, perusahaan ini mampu mengekspor ban jenis radial dengan merk GT Radial ke negara Amerika dan Eropa. 

Komoditas Produk Biji-Bijian 

Biji Kopi salah satunya, yang mana masuk ke dalam Komoditi dunia yang dianggap memilii kedudukan yang begitu vital sekali. Indonesia dalam hal ini patut berbangga karena memiliki banyak sekali varian dari jenis-jenis kopi yang hadir di negeri ini. Yang mana dengan begitu menjadikan negara indonesia sebagai produsen biji kopi paling besar yang ada di dunia. Bahkan dalam hal ini mampu melakukan ekspor untuk negara Brazil dan Vietnam. 

Indonesia memiliki banyak sekali jenis kopi yang sudah diekspor ke banyak negara seperti halnya kopi Toraja, lalu Kintamani, Gayo dan masih banyak lagi yang lainnya. Brand yang terkenal dari Indonesia sering melakukan ekspor adalah Kopi Kapal Api dan Permen Kopiko. Pasaran globalnya bisa mencakup negara Myanmar – Jiran Malaysia da Austria. Yang perlu diingat sekali adalah Produk yang diekspor oleh negara sendiri tidak pernah terbatas oleh besarnya merk tersebut, tapi tergantung pola pikir kalian dalam membuka bisnis tersebut apakah lancar dengan semestinya atau, memang harus berakhir sekarang juga.