Komoditas Ekspor Indonesia Tertinggi

Indonesia sendiri adalah salah satu negara yang kaya dengan hasil alam dan juga banyak kekayaan lainnya yang tidak habis dari waktu ke waktu. Indonesia sendiri menjadi salah satu negara yang menghasilkan beberapa komoditi ekspor yang dapat memenuhi pasar luar. Dalam artikel ini akan dibahas beberapa saja bahan dan juga komoditas ekspor yang dihasilkan oleh indonesia dan berhasil di ekspor ke luar negeri. Apakah macam komoditas ekspor yang ada di Indonesia dan juga kemana saja kah negara tujuan? Mungkin yang selama ini kita tahu bahwa indonesia sendiri kebanyakan mendapatkan barang-barang impor dari negara luar. Namun tahukah anda bahwa negara kita sendiri ternyata juga punya banyak sekali kegiatan ekspor. Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan kegiatan ekspor. Ekspor sendiri adalah sebuah proses transportasi suatu barang atau pun juga sebuah komoditas dari satu negara ke negara lainnya untuk memenuhi pasar. Kegiatan ekspor sendiri biasanya dilakukan oleh sebuah perusahaan sebuah perusahaan dengan skala kecil hingga bahkan skala menengah nantinya untuk dapat bersaing dalam skala internasional.

Indonesia, sendiri adalah suatu negara yang juga kaya dengan berbagai macam sumber daya alamnya yang juga sehingga menjadikan negara Indonesia sendiri suatu negara yang memiliki sebuah peran dalam hal mengekspor komoditas yang penting untuk pasar dunia. Nilai ekspor yang ada di Indonesia sendiri terus mengalami jumlah peningkatan di dalam setiap tahunnya. Dilansir juga dari sebuah portal berita, yaitu Tirto.id, Enggartiasto Lukito yang merupakan Menteri perdagangan mengatakan bahwa sedikitnya ada perbaikan terkait dari kinerja ekspor yang ada di pertangan tahun 2017 tepatnya pada Juli 2017 tersebut data ekspor ini juga tercatat mengalami sebuah kenaikan kurang lebih sebanyak 16,8% dibandingkan dengan ekspor pada bulan sebelumnya yang dimana sebelumnya nilai ekspor sendiri tercatat menjadi 13,6 miliar dolar AS.

Ternyata ini Produk Ekspor Indonesia Tertinggi

Beberapa negara yang sudah menjadi salah satu dari sasaran ekspor paling besar Indonesia untuk sebuah hasil produksi memiliki sebuah kecenderungan untuk dapat meningkat pada setiap tahunnya. Untuk negara dengan komoditas ekspor sendiri yang paling tinggi di sandang oleh negara Paman Sam yang berjumlah 15,1 juta dolar AS pada tahun 2016 dengan sebuah besar tren yang itu 1,74% yang pada saat itu perhitungan tahun 2012 hingga tahun 2016. Kemudian disusul oleh negara Tiongkok sendiri dengan tren sebesar -1,09% yang dimana memiliki nilai ekspor tinggi pula pada tahun 2016 yakni sebanyak 10,5 juta US dollar. Lalu apa sajakah komoditas ekspor yang berasal dari indonesia dan dimana pasar negara tujuannya? Negara indonesia sendiri memiliki banyak komoditas yang sudah di kirim ke banyak negara yang ada di dunia. Berdasarkan juga dari data yang di dapat dari situs kemenperin, terdapat juga kurang lebih dari tiga puluh negara yang sudah menjadi tujuan ekspor terbesar untuk sebuah kategori dari produk hasil industri. Dalam artikel ini akan dibahas beberapa komoditas ekspor yang dihasilkan oleh negara indonesia dan juga negara-negara yang termasuk tujuannya.

Kategori produk makanan

Produk Sbobet pertama yang banyak di ekspor oleh negara indonesia adalah makanan, yang berhasil di ekspor ke berbagai banyak negara. Sebagai salah satu contohnya adalah indonesia sendiri banyak mengekspor udang yang sudah dibekukan ke Amerika Serikat. Permintaan akan udang beku yang tinggi merupakan komoditas tertinggi yang diminta oleh negara yang ada di Amerika serikat pada setiap tahunya. Bahkan untuk setiap tahunya hal ini mengalami sebuah peningkatan yang cukup drastis.

Contohnya merek udang yang asal Indonesia sering diekspor yaitu Fresh on Time Seafood. Sedangkan yang biasanya diekspor ke negara Tiongkok sendiri biasanya adalah margarin beku. Salah satu brand yang sudah menembus pasar internasional yaitu adalah Blueband yang namanya sudah sangat sering kita dengar dan juga menjadi salah satu merek margarin yang juga sangat terkenal di indonesia. Saat ini juga negara kita sendiri mendominasi dari pasar minyak sawit yang ada di kancah global dengan sebuah angka produksi hingga 31 juta ton per tahunnya.
Bahkan indonesia sendiri sempat memiliki sebuah rencana untuk dapat mengandalkan produksi dari komoditas sawit pada tahun 2030. Kenyataannya adalah memang minyak sawit sendiri menjadi salah satu industri makanan yang kebanyakan di ekspor ke negara misalnya saja ke negara Belanda dan Juga Nigeria. Tentu saja beberapa merek tidak asing di telinga kita seperti halnya kunci mas dan juga Filma.

Kayu

Komoditi ini juga selanjutnya yang menjadi salah satu komoditas yang diekspor oleh Indonesia yaitu kayu tropis yang merupakan salah satu komoditas terbesar di dunia. Nilai dari ekspor ini dapat mencapai kurang lebih 5 miliar U dolar pada setiap tahunnya. Komoditi kunci utamanya adalah yang dalam satu kategori seperti halnya bubur kayu, kayu lapis, mebel, kertas, veneer, serta penyambung kayu. Salah satu produk kayu yang sering di ekspor adalah ke negara seperti halnya negara jepang dan juga Tiongkok adalah produksi dari PT Kayu Lapis asal Indonesia yang mendominasi.

Tekstil

Untuk industri tekstil sendiri ternyata negara Paman Sam atau Amerika Serikat sendiri merupakan salah satu pasar terbesar bagi negara kita atas tekstil. Ada banyak juga pakaian siap pakai, pakaian rajut, kaos kaki, rajut, juga perlengkapan baju lainnya. Untuk beberapa bran dari pakain jadi yang biasanya diekspor oleh negara kita adalah The executive yang biasanya dapat juga ditemui di negara Malaysia, Asia Tenggara lainnya serta Amerika Serikat.

Produk berbahan kulit

Untuk kategori dari komoditas ekspor selanjutnya adalah seperti sepatu dan alas kaki kulit yang biasa banyak diminati dan dikirim ke negara Asia seperti halnya Vietnam dan juga Tiongkok. Permintaan tertinggi dari kulit sendiri antaralat kulit yang dimasak, alas kaki dan juga peralatan sepatu olahraga. Untuk sepatu olahraga yang dikirim ke negara Tiongkok pun mengalami kenaikan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun sampai tahun 2015 hingga yakni mencapai angka 109.034,2 US dollar pada tahun 2016. Bukan hanya negara Tiongkok saja yang meminati olahan dari kulit asli ataupun juga sintetis, negara seperti halnya Malaysia, Australia serta Hawaii juga menjadi pasar dari kulit asal indonesia. Salah satu merek sering diekspor biasanya adalah merek Edward Forrer yang merupakan salah satu dari produsen alas kaki dan juga tas yang berasal dari Indonesia.

Komputer, Optik, & Barang Elektronik

Industri ini juga ternyata menjadi salah satu yang banyak diekspor ke negara lain seperti halnya ke negara Singapura. Produk yang biasanya akan dikirim berupa semikonduktor dan juga komponen elektronik lainnya sebagai bahan baku seperti aluminium electrolytic dan juga tantalum. Asa juga beberapa perlengkapan lainnya seperti hal nya optical character serta document/image dan juga scanners. Apa saja contoh brand yang juga berasal dari Indonesia? contohnya adalah yang sudah amat sering kita ketahui dari brand Maspion. Maspion sendiri perusahan yang mengekspor barang-barang elektronik seperti halnya kebutuhan rumah tangga contohnya blender, setrika, dan juga kipas angin. Selain itu Maspion, ada juga pun juga Polytron yang merupakan salah satu yang memproduksi barang elektronik rumah tangga seperti halnya Radio dan juga Televisi.

Itulah beberapa komoditas ekspor yang ternyata menjadi salah satu komoditas yang dihasilkan di indonesia yang mempunyai pasar yang luas. Namun kita sebagai salah satu bangsa indonesia sudah sepatunya juga tetap menjaga dan juga melestarikan agar tidak terjadinya eksploitasi berlebihan terhadap sumber daya kita kita miliki. Semoga artikel ini dapat berguna. Terimakasih.